Kebangkitan Islam Akankah Di Mulai 2023?

Mobil Listrik pertama Turki akan di produksi massal tahun 2020. Tampaknya telah mendapat sentimen yang positif di pasar. Dengan banyak yang mengutarakan niatnya untuk membeli mobil canggih itu. Tidak hanya di turki tapi seluruh dunia.

Banyak pihak yang menyebut visi 2023 turki mendekati kenyataan. Di mana Turki meraih kemandirian di berbagai bidang terutama teknologi dan persenjataan. Sebelum ini Turki berhasil meluncurkan kapal selam, pesawat drone tempur, laser dan persenjataan taktis lainnya.

Di saat negara-negara Islam diharapkan bangkit dari kuburnya, tapi kita tidak melihat hal itu ada di antara mereka, kita berharap banyak kepada Turki. Setidaknya untuk memulainya. Sebagaimana runtuhnya khilafah, berharap disana akan kebangkitannya kembali. Turki bisa menjadi jembatan penghubung di antara negara-negara Islam yang lain untuk blok baru dunia diluar barat dan timur.

Angka 2023 adalah angka penting bagi Turki. Ia bisa bermakna ganda. Mengenang 100 tahun berdirinya negara Turki. Yang itu artinya di saat kekhalifahan Islam Utsmaniyah runtuh. Atau bisa juga berarti 100 tahun kebangkitan kembali kekhalifahanyang runtuh tersebut.

Umat butuh bersatu karena selama ini jatuhnya korban dari kebengisan musuh adalah akibat ketidakpeduliaan pemimpinnya. Di Palestina, Afghanistan, Suriah, Irak, Bosnia, Kosovo, Rohingya, India, Moro, yang jatuh korban adalah umat Islam. Tapi umat Islam pula yang ditunjuk-tunjuk sebagai biang keladi terorisme di dunia. Saya berharap Turkilah yang dapat memutus mata rantai lingkaran setan ini.