Kepada Hewan saja Mereka Begitu Jahat, Apalagi Kepada Manusia?

Saya merasa jijik dan takut ketika melihat tayangan video seseorang yang merebus dan menggoreng hidup² binatang. Ada yang memasukkan seekor anjing dan kucing dalam penggorengan dengan air atau minyak mendidih hingga binatang itu kelojotan dan mati. Setelah masak lalu mereka sajikan sebagai hidangan untuk disantap.

Saya tidak mengerti apakah hal itu adalah kebiasaan penduduknya atau ia hanya sebatas kelakuan jahat orang² yang serakah? Tapi bagi saya dan juga yang saya tahu kebanyakan orang, tindakan seperti itu adalah sebuah kejahatan.

Saya teringat dengan hadits Nabi shalallahu alaihi wassalam, “Ada seorang wanita disiksa karena seekor anak kucing yang dikurungnya. Sehingga kucing tersebut mati karena kelaparan. Kerena sebab itu ia masuk neraka.”

Wanita tersebut tidak memberikan makan dan minum kepada kucing tersebut saat mengurungnya. Ia juga tidak melepaskannya sehingga kucing tersebut bisa mencari makan sendiri.

Dari Abdullah ibnu ‘Umar ra, ia sedang lewat di depan pemuda-pemuda Quraisy yang melempari seekor burung, dan mereka berikan kepada pemilik burung itu satu tombak untuk setiap lemparan yang salah. Ketika mereka melihat Ibnu ‘Umar datang, pemuda-pemuda itu berlarian, beliau berkata, “Siapa yang lakukan ini? Allah telah laknat pelaku perbuatan ini! Sungguh Rasulullah saw melaknat orang yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai target sasaran (kekerasan).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Anas bin Malik ra berkata, Rasulullah saw telah melarang untuk menahan binatang sampai mati (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika kepada binatang saja sebegini berat sangsi yang diterima seorang yang berbuat zalim, lalu bagaimana jika kezaliman semacam itu ditimpakan kepada manusia? Jika kepada hewan saja mereka begitu jahat, apalagi kepada manusia?