Mengapa Allah Mengharamkan Babi untuk Kita Makan?

Mengapa Allah mengharamkan Babi untuk kita makan?

Apakah segala sesuatu yang Dia ciptakan dapat kita makan? Apakah Allah ciptakan manusia, halal untuk dimakan sesamanya? Apakah Allah ciptakan tikus di got-got, ingin juga Anda makan?

Manusia lemah. Akal kita lemah dan terbatas. Butuh bimbingan yang Kuasa. Agar kita senantiasa berada di jalurnya yang benar. Semua makanan adalah halal selagi ada dalil yang mengharamkannya. Allah sebutkan lewat kalamNya makanan apa saja yang haram untuk kita makan. Apakah kita mau menerimanya? Jika anda muslim maka anda seharusnya sami’na wa athona meskipun anda belum tahu hikmah pengharamannya.

Tapi secara umum, kita harus sadari bahwa haitsumȃ wujida al-syar‘u fatsamma al-mashlahah (di mana syara‘ diwujudkan di situ terdapat maslahah). Hakikat maslahah adalah terpeliharanya tujuan syara‘ itu sendiri, sehingga ketika syariat ditegakkan di situlah maslahah berada (Imam Al Ghazali, al Mustashfâ, juz I, hal. 416-417).

Dengan kata lain, Allah mengharamkan sesuatu maka itu adalah untuk kebaikan dunia dan akhirat kita, hati-pikiran-jasad kita.