Virus Corona Sudah Ada Di Indonesia?

Bila di negara Asean lain sudah terkena, “beruntung” hingga kini belum ada yang terkena virus Corona di Indonesia. Setidaknya itu pernyataan resmi dari pemerintah. Tapi hal ini agak² membuat aneh para peneliti dari luar sebagaimana dilansir suara.com.

Ada beberapa catatan dari berita suara.com ini:
1. Berdasarkan riset Universitas Harvard, Amerika Serikat baru² ini, seharusnya sudah ditemukan kasus virus Corona di Indonesia.

2. Riset berdasarkan jumlah perjalanan atau penerbangan dari Wuhan ke negara tersebut. China adalah penyumbang turis terbanyak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

3. Pada akhir Januari lalu, dua media Australia melaporkan bahwa Indonesia belum memiliki alat tes yang layak untuk mendeteksi virus Corona dan karenanya ada kemungkinan virus mematikan tersebut sudah masuk ke Tanah Air.

Laporan itu disusun dengan mengutip keterangan dari Amin Soebandrio, kepala Lembaga Eijkman di Bandung, Jawa Barat. Lembaga Eijkman sendiri adalah salah satu institusi di Tanah Air yang terlibat langsung dalam upaya mendeteksi orang-orang yang diduga tertular virus Corona.

4. Tetapi pada pekan ini Amin, usai mengikuti rapat di Istana Presiden, Jakarta, membantah laporan tersebut. Ia mengatakan bahwa Indonesia sudah punya alat yang cukup untuk mendeteksi penularan virus Corona. Amin menyebut pemberitaan luar negeri tersebut tidak benar.

5. Ada dua kemungkinan dari point’ ke 3 dan ke 4, bahwa salah satu di antaranya ada yang berdusta: Amin Soebandrio atau media Australia tersebut. Tidak mungkin keduanya benar.

https://www.suara.com/tekno/2020/02/09/071500/peneliti-harvard-virus-corona-seharusnya-sudah-ada-di-indonesia