Virus Corona Sudah Diprediksi?

Dua hari lalu saya membaca postingan tentang konon katanya seorang ulama sudah memprediksi akan datangnya penyakit yang bernama Corona. Ulama itu menulis sekitar 2015 atau beberapa tahun sebelumnya. Lalu hari ini saya menyimak video seorang ustadz yang juga menyebut tulisan ulama ini. Menurut sang ustadz, ulama ini sudah memprediksi virus Corona sebelum yang terjadi sekarang.

Setelah saya simak, sang ulama, yakni Habib Abu Bakar ternyata hanya sedang menyebutkan beberapa nama penyakit yang di zaman dulu tidak ada, sekarang ada. Saya menduga, sang Habib mencantumkan Corona karena pada saat menulis, di kawasan Timur Tengah saat itu, yakni tahun 2012 sedang mewabah virus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus atau yang lebih dikenal MERS-CoV. Virus ini memakan korban sebanyak 554 jiwa.

Jadi sebelum 2019-NCov atau Virus Corona Wuhan seperti yang terjadi pada saat ini, sudah ada Virus Corona MERS. Apakah sebelum MERS tidak ada virus Corona? Virus ini sudah dikenal sejak lama terutama pada hewan. Namun dari sekian virus Corona yang ada pada hewan, beberapa diantaranya ternyata berpotensi berevolusi dan menyebar ke manusia seperti yang sudah terjadi beberapa tahun ini. Tahun 1960 mulai dikenal virus Corona yang menyebar ke manusia dengan nama 229E, NL63, VC43, dan HKU1. Lalu pada tahun 2002 ada Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus atau SARS-CoV di Cina pada November 2002 yang memakan korban mati 774 jiwa.

Jadi jelas ya, virus Corona itu sudah ada sejak lama. Hanya saja mungkin karena ketidaktahuannya kita dan begitu masifnya berita tentang virus ini akhir² ini, seolah² virus ini virus yang baru muncul saat ini.

Sumber: https://www.cdc.gov/coronavirus/index.html

Video seorang ustadz yang menyebut Corona sudah diprediksi: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=115575873231155&id=1661489370738238